The Santolo Beach

Yap, dari judulnya aja pasti udah ketauan deh kalo isi postingan kali ini adalah tentang pantai. Kali ini sasaran tempat melepas penat yang gw tuju adalah pantai santolo di Kecamatan Pameungpeuk, Garut. Pantai ini terletak sekitar 110 Kilometer sebelah selatan Garut.
Minggu,23 Mei 2010
Sebetulnya rencana awalnya pengen berangkat pagi-pagi sekitar jam 6 atau setelah sholat subuh. Tapi ternyata karena sesuatu hal akhirnya gw baru berangkat dari rumah jam 10 pagi. Udah kesiangan banget sebenernya berangkat jam segitu, apalagi gw tau jalur yang gw lewatin nantinya adalah jalur pegunungan dan dikelilingi hutan, pasti bakal kena hujan dijalan nih. Karenanya, gw persiapkan raincoat biar bisa tetep riding walau hujan
Sekitar satu jam berangkat dari rumah, sampailah gw di Garut dan tanpa berhenti gw langsung lanjut ke arah selatan. Menyusuri jalan yang sama seperti waktu gw menuju ke kawah Papandayan. Setelah sampai di pertigaan jalan Kawah Papandayan, gw terus ikutin jalan utama ke arah Cikajang. Suasana alam dan pemandangannya bener-bener bikin otak dan pikiran kembali fresh, ditambah lagi dengan mulusnya kondisi aspal jalannya, bikin suasana makin asik, hehe.
Ga lama kemudian, sampai lah gw di pertigaan di daerah cikajang. Sebelumnya gw pernah liat kondisi daerah di pertigaan ini di sebuah forum, dan bercerita kalo dia menuju pantai Rancabuaya, dan mengambil arah kanan, melalui Bungbulang dengan kondisi jalan yang rusak cukup parah. Sedangkan untuk arah kiri menuju Cikajang. Sesuai dengan plan jalur yang udah gw buat, maka gw ambil jalur ke arah kiri menuju Cikajang. Ga jau dari pertigaan itu sampailah  gw ke Pasar Cikajang, jalanan lumayan ramai oleh penduduk sekitar.
Tanpa berhenti gw lanjutkan perjalanan, sampai akhirnya ketemu kawasan kebun teh yang indah, letaknya berada di dataran tinggi membuat kondisi daerah sekitar terlihat jelas. Kontur daerahnya yang berbukit-bukit, dan ga jauh deh sama perkebunan teh di Pangalengan dan Ciwidey. Akhirnya gw berhenti sebentar setelah 2 jam perjalanan. Sempet ngambil beberapa foto disana.
Setelah cukup puas berfoto-foto, gw lanjut lagi perjalanannya.

Sayangnya setelah hamparan kebun teh gak lagi kelihatan, kondisi jalan udah mulai memburuk. Tetap aspal tapi ga mulus, banyak benjolan disana-sini.

Setelah kebun teh rasanya kondisi jalanan terus menurun. Dan akhirnya gw masuk ke daerah hutan yang terlihat masih asri, tapi juga nyeremin. Pohon-pohon yang menjulang tinggi seperti berumur ratusan tahun. Di daerah ini laju motor gw udah ga bisa lagi secepet tadi, yang tadinya rata-rata diatas 60 Km/Jam, sekarang cuma 20-30 Km/Jam. kondisi jalan becek seperti habis hujan. Untungnya pas gw lewat situ matahari masih nemenin di atas.hehe. Tapiii… ga lama kemudian tiba-tiba langit gelap dan kabut mulai dateng. Gerimis sebentar, terus hilang lagi, gerimis lagi,hilang lagi..aduh..ini yang dinamain “hujan Gunung” kali yah.bikin bingung. Karena akhirnya hujan makin deras, gw putuskan berhenti dan pasang jas hujan gw.

ini daerah hutannya, sempet berhenti sebentar disini, liat…sepi banget kan???MySpace

Kondisi jalan mulai gelap dan kabut lumayan bikin gw bawa motor makin pelan. Ngeliat petunjuk jarak di pinggir jalan ke Pameungpeuk masih lumayan jauh, sekitar 40 Kilometer lagi. Sempet ragu juga sih mau nerusin ato ngga, tapi dengan semangat adventure (cieh) gw lanjutin perjalanan. Agak ngeri juga lewat hutan disini, udah mana yang lewat jarang lagi,,hii..sampe akhirnya ketemu daerah yang namanya Cisompet, bukan Cisompret yah!! :p huaahh lega nya liat pemukiman penduduk.hehe

ga lama setelah lewat cisompet, hujan gede kembali menguji ketahanan gw 😛

sampe akhirnya ketemu sama jembatan ini

Wah gw yakin banget udah deket nih ama pantainya, apalagi ngeliat arus sungainya,dan aroma daerah sekitar yang udah bernuansa pantai banget.
 istirahat sebentar sekalian ngelepasin jas hujan
lanjut jalan lagi. akhirnya sampe di Kecamatan Pameungpeuk, gw ikutin terus papan petunjuk arah ke arah Pantai Santolo, dan nemuin jalanan lurus + datar kaya gini, berhenti lagi sebentar untuk foto2..narsis banget dah..hehe

ga jauh dari sini ketemu stasiun peluncuran roket LAPAN, tadinya mw berheti, tapi capek juga foto2 mulu,,hehe

gw pikir ke pantai masih lumayan jauh, tapi ternyata, sekitar 100 meter dari LAPAN, gw noleh ke arah kanan, dan hamparan samudra luas menyambut gw. plus indahnya pemandangan sore hari di pantai. Huaah pokoknya terbayar semua deh capeknya perjalanan gw selama 4 jam tadi. Excited banget akhirnya sampe juga kesini.

Gw liat jam masih jam 2 an, dan gw belom sholat Dzuhur, akhirnya gw menuju mesjid terdekat untuk bebersih n sholat Dzuhur dijamak ama asharnya.

dan ini total jarak tempuh di trip meter gw. di set 0 tadi pas berangkat dari Cileunyi.

Lalu gw ke pantai, nongkrong sebentar, foto-foto, sayang langitnya mendung, ga bakal dapet cewe2 berjemur deh sunset ini mah,hehe.

ini beberapa foto selama di pantai :
sekitar sejam di pantai, puas foto2 juga, akhirnya gw meluncur balik lagi ke arah Bandung, tapi perut keroncongan banget, dan dijalan ketemu warung nasi padang,,wahh pas banget nih, menu yg gw pilih nasi rendang+kentang, minumnya esteh manis,standar..hehe
nasi dua porsi ga terasa bisa habis dengan cepetnya,,ckckck kelaperan gw ternyata.MySpace
lanjut berangkat lagi tanpa bayar dengan bayar semua yg gw makan n minum tadi 15ribu perak.
di perjalanan pulang ini, rencananya gw mw speed touring, oke, gw tambah kecepatan dari biasanya, tapi apa mau dikata, hujan deras turun lagi, alon-alon lagi ini mah, hehe. kondisi jalan yang menyusuri bukit, setiap 50 meter pasti ada tikungan, ga ada sama sekali jalan lurus.
akhirnya sampe juga di perkebunan teh Cikajang, hujan berhenti, tapi kali ini gantian dihadang kabut tebel. jarak pandang paling sekitar 10-15meter.ahh,,sayang banget gw belom pasang foglamp,kalo udah pasti kan keren bgt,,jiahh

dan ini mesjid tempat gw sholat maghrib,

termasuk yang mewah menurut gw, keren ada mesjid kaya gini di sini,setelah sholat maghrib gw berangkat lagi,dan ternyata sepanjang jalan dari Cikajang sampe garut kering.,gak hujan ternyata disini..baru setelah leles,hujan mulai turun lagi, dan ga berhenti sampe akhirnya gw sampe ke rumah sekitar jam 8 malem. Alhamdulillah 😀
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s