Persiapan Touring

Rencananya, kesempatan libur kali ini mau gw isi dengan kegiatan touring menggunakan motor Mega Pro gw. Karena kangen sama simbah di Jogja, dan udah lama juga ngga kesana, maka akhirnya diputuskan untuk meluncur kesana (segera setelah pilek gw sembuhh).

beberapa tips sebelum memulai perjalanan jauh.

Beberapa persiapan sebelum berangkat touring antara lain :
  • Kesiapan Kendaraan. Ini penting, mengingat kendaraan adalah tulang punggung perjalanan touring yang akan dilakukan. Beberapa pengecekan standar untuk Motor Mega Pro yang harus dilakukan yakni
    •  Kondisi Mesin : Cek keadaan Oli, jika sudah hitam pekat sebaiknya diganti, begitu pula bila volume nya sudah berkurang,wajib segera diganti karena Oli mesin juga berguna sebagai cooler bagi mesin, dengan kondisi Oli yang prima, maka mesin pun akan bekerja lebih baik.
    • Kondisi Kelistrikan Motor : Cek Kondisi aki ( Ketinggian air aki, bila berada dekat batas lower segera tambahkan air accu dari botol berwarna BIRU kedalam aki, sampai kondisi ketinggian optimal) Begitu pula cek tegangan aki, dengan menggunakan voltmeter. Begitu juga cek kondisi lampu-lampu pada motor (Lampu utama, Senja, Sein, Rem) pastikan semua berfungsi optimal.
    • Kondisi Kaki-kaki, Ban, Busi, Kabel – kabel , dsb
                   Pengecekan kondisi kendaraan seperti yang telah disebutkan diatas dapat dilakukan di Bengkel-bengkel terdekat dan terpercaya, ceritakan pada sang mekanik bahwa motor anda akan dipergunakan untuk perjalanan jauh, sehingga mekanik akan membantu anda memberikan persiapan yang baik sebelum perjalanan dilakukan. Jangan lupa juga untuk selalu mempersiapkan tool-kit dan Raincoat.
  
  • Kesiapan Mental dan Fisik . Selain motor yang prima, keadaan sang rider juga sangat menentukan dalam sebuah perjalanan menempuh jarak yang jauh. Karenanya persiapan sebelum melakukan perjalanan harus dilakukan. Diantaranya seminggu sebelum perjalanan lakukan olahraga dalam tingkatan sedang, sehingga tubuh anda tidak cepat lelah dan akan terjaga kebugarannya, lebih baik lagi bila olahraga rutin dilakukan. Sehari sebelum keberangkatan, usahakan agar tidak ada kegiatan berat yang akan dilakukan, misalnya bekerja sampai larut malam, berolahraga berat dan sebagainya, dan pastikan malam sebelum anda berangkat tubuh anda mendapatkan istirahat yang cukup.
  •  Kesiapan Biaya Perjalanan / Liburan . Pastikan anda membawa uang yang cukup dalam bepergian jauh, dan biasakan untuk selalu menyediakan uang lebih sebagai pengaman jika sewaktu-waktu terjadi kejadian yang tak terduga. Rencanakan setiap pengeluaran yang akan anda keluarkan dengan cara budgeting. Hal ini penting agar pengeluaran yang anda keluarkan tidak menjadi terlalu berkebihan, dan usahakan budgeting untuk pengeluaran yang anda rencanakan dibagi dalam rentang waktu per-hari. Beberapa poin dalam Budget Plan yang biasa digunakan antara lain : Biaya transport (Bensin), makan, dan penginapan. Selalu sediakan dana lebih setiap hari nya.
  • Kesiapan Rute & Jalur Perjalanan serta selalu sediakan rute Alternatifnya . Plan B, atau rencana kedua sering kali dilupakan beberapa orang. Faktanya, beberapa orang tersebut sering mengalami kesulitan ketika Plan A (Rencana Utamanya) mengalami kendala. Perencanaan Jalur dan Rute perjalanan yang akan ditempuh akan membantu anda dalam merencanakan perjalanan, apalagi saat ini piranti digital untuk map / peta sudah banyak beredar di pasaran, antara lain Gadget dalam bentuk GPS (Global Positioning System) yang sudah banyak beredar di pasaran, dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari 700an ribu sampai dengan belasan juta rupiah. Atau anda memiliki fitur canggih GPS dalam ponsel anda? jangan sia-siakan fitur tersebut karena akan sangat membantu dalam perjalanan liburan anda. Untuk perencanaan perjalanannya sendiri dapat menggunakan bantuan Mbah Google yakni dengan mengakses alamat website www.maps.google.com dan kemudian pilih menu “Get Direction” dan anda akan dipandu memilih jalur terbaik yang akan digunakan, beserta perkiraan jarak tempuhnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk me manage waktu perjalanan anda.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s