Riding santai ke Pantai Selatan Jogja (Part.3 – End)

Pada postingan terdahulu, jalan-jalannya baru sampe pantai wediombo, dan berlanjut ke salah satu pantai di daerah Gunung kidul ini, yaitu pantai Siung 😀

Pantai Siung adalah salah satu pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Siung terletak di Kecamatan Tepus, sekitar 70 km dari Yogya. Berbeda dengan pantai-pantai yang telah lebih dahulu dikenal seperti Parangtritis, garis pantai Siung termasuk pendek. Pantai ini terletak di cekungan yang panjangnya hanya sekitar 300-400 m. Namun justru di sinilah letak keistimewaannya 😀

Pantai pendek ini dikelilingi oleh karang-karang besar berwarna kehitaman, yang sebagian besar ditumbuhi vegetasi dan lumut hijau. Paduan laut biru jernih dan karang kehijauan menambah keindahan panorama tempat ini.

Nah, selepas dari pantai Wediombo, gw dan temen-temen kembali bermotor-ria menuju pantai Siung yang lokasinya ngga jauh dari Pantai Wediombo. Dan, oh ya di sekitar sini memang terdapat banyak pantai diantaranya Baron,sundak, dan lain-lain. Namun kali ini, gw diajak untuk nyobain ke Siung dulu 😀

Kondisi jalan menuju pantai Siung 😀

Apa yang menyenangkan dari riding ke daerah pelosok Jogja adalah kondisi infrastruktur jalan yang sangat baik. Jalanan aspal halus yang selalu menyambut kunjungan ke setiap daerah di Jogja, meskipun daerah tersebut termasuk jauh dari perkotaan. Terbukti dari kondisi jalan seperti yang ada pada foto di atas. Lokasi foto terletak sekitar 70 Km dari pusat kota Yogyakarta. Bukan cuma di daerah ini, namun di daerah Barat Laut Jogja, tepatnya di Kulon Progo sampai Samigaluh (tempat mbah gw nih 😀 )yang menuju Purworejo, meski kondisi daerah berbukit,curam,namun kondisi jalanan lebar dan aspal baik, lebih baik saat dibanding memasuki kawasan Jawa Tengah.

Yeah, dan akhirnya sampe di kawasan pantai siung 😀

Foto-foto dulu 😀

Kondisi pantai, asik 😀


Pantai Siung. Foto: Puput Aryanto

Ini foto dari bukit yang ada di sekitar pantai, saat itu gw diajak untuk naik kesana, tapi udah lemes, duduk2 aja deh 😆

Mending tidur-tiduran di pasir 😆

Pantai siung di sore hari ini cukup ramai, banyak pengunjung yang keliatannya anak-anak muda ( sama kaya gw 😀 ) tapi kebanyakan dari menggunakan mobil pribadi untuk menuju kesini.

Untuk menuju kesini, ada beberapa tips yang gw dapet dari internet :

Dengan kendaraan pribadi dari Yogya, Anda tinggal menuju ke Jalan Wonosari. Dari Yogya hingga ke Wonosari, ibukota Gunungkidul, dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam perjalanan. Hati-hati terhadap jalan yang menanjak dan berliku.

Sampai di Wonosari, Anda tinggal mengikuti jalan ke arah Pantai Baron hingga persimpangan yang menuju ke Pantai Siung. Total waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Siung sekitar 2-2,5 jam tergantung moda transportasi dan kecepatan kendaraan Anda.

Bila Anda memilih kendaraan umum, Anda harus naik bis ke terminal Wonosari. Di sana Anda harus berganti dengan minibus arah Tepus atau Jepitu. Di perhentian terakhir Anda harus menyewa ojek.

Karena jalur transportasi umum masih kurang memadai, cara ini tidak disarankan. Anda yang berasal dari luar kota lebih baik menyewa motor/mobil di Yogya, dan menempuh perjalanan sendiri hingga lokasi yang dituju.

Sumber : id.yahoo.com

Saat masuk ke sini ada pos pemungutan retribusi resmi dan dikenakan pungutan yang sama dengan di pantai Wediombo tadi. yaitu 2000 Rupiah per orang, dengan rincian Rp 1000 untuk orangnya, Rp 1000 lagi buat motornya 😀 untuk biaya masuk mobil hanya dikenakan Rp 1500 rupiah 😀 bandingkan dengan pungutan masuk kawasan Kawah Putih di Bandung bagi yang bermobil 👿

Menghadap ke Barat 🙄

🙄

Selonjoran nikmatin sore hari 🙄

Sesudah ini kita kembali ke Jogja, melalui jalur yang sama, namun kali ini karena menjelang Maghrib, suasana menjadi gelap. Namun kondisi jalanan yang mulus ditambah cukup lengang membuat kami bisa memacu motor lebih cepat 😀 sebelum akhirnya sampai lagi di Wonosari untuk sholat maghrib dan isya, untuk kemudian lanjut ke Jogja 🙄

Kita makan malem di Pecel lele pinggir jalan, telor dadar bakarnya maknyus 😀

nyam nyam nyam 😀

Setelah kenyang, kami diajak nginep di tempat mas Doni yang tadi pagi nraktir Gudeg di tempatnya 🙂

udah setelan tidur, ga tau ngobrolin apaan 😛

Dan akhirnya tidur sekitar jam 11 malem. Keesokan harinya bangun pagi-pagi, sholat subuh lalu mandi 😀 dan lanjut perjalanan pulang 😀 di sini kita misah, ada yang pulang ke semarang, ke rumahnya di Godean, yang paling deket sih ada yang rumahnya di daerah jalan yang sama dari tempat kita nginep 😀

Di jalan raya Magelang

Gw baru berangkat kembali menuju Bandung siang hari nya, sekitar jam 12 siang.

Makan siang Gudeg (lagi) di Wates

Sewaktu istirahat setelah 3 jam perjalanan 🙄

Liat-liat pemandangan dulu biar seger 🙄

Istirahat di sekitar majenang
Waktu pegel-pegelnya di Rancaekek, hampir sampe 😀 foto2 dulu deh sambil ngaso 😀

dan akhirnya sampe rumah lagi sekitar jam 9-10 malem.

data perjalanan :

total trip : 920 km (versi tripmeter gw) PP
konsumsi bensin : abis 26,6667 liter~27 liter Premium ( Rp 121.500,- )

special thanks buat temen-temen Megaproholic + TiKus Regional Jogja, Ari “Crispie”, Awansan, Doni “Bikevil”, Okky “Kembunk”
Regional Semarang : Doni “Hyozhoka”, Dino “Red_knight” , Mbah Didit “Reptiliac82”

Hope we’ll ride together again soon :mrgreen:

https://nunoo.wordpress.com/

Advertisements

3 thoughts on “Riding santai ke Pantai Selatan Jogja (Part.3 – End)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s