Jalan – jalan sore ke Kabupaten Garut

Untitled

Habis bongkar-bongkar isi hard disk, dan nemu foto jalan-jalan sore naik motor ke kota sebelah :mrgreen:

Siang itu dari Bandung meluncur ke arah Rancaekek & memutar balik untuk belok kanan di Dangdeur, ke arah Majalaya di selatan. Melintasi RTC (Rancaekek Trade Center), jalur di dominasi angkutan kota dan truk2 besar, kondisi aspal memprihatinkan  dengan lobang disana sini,kalo musim hujan dipastikan bakalan banyak kolam2 dadakan di tengah jalan. Beberapa ruas jalan udah dibeton, hati sempet seneng tapi ga berapa lama ketemu jalan jelek lagi  Sekitar 20 menit sampe di Majalaya, ambil arah menuju RSUD Majalaya. Di daerah sekitar pasar ikut petunjuk jalan menuju Ibun ke kanan. Memasuki daerah kecamatan Ibun disambut gapura selamat datang di Kecamatan Ibun yang berwarna biru dongker dengan logo Pertamina di samping, ga heran karena di kecamatan Ibun ini terdapat area Geothermal alami yang dikelola Pertamina dengan tersedianya PLTP yang berasal dari sumber-sumber uap panas yang melimpah di kawasan kamojang.

Lanjut ke perjalanan, dari sini kontur jalan mulai menanjak dan berkelok, dari sini daerah pegunungan yang tadi terlihat di kejauhan semakin dekat. Kondisi jalan cukup bagus, dan semakin lama semakin curam tanjakannya, sehabis tanjakan disambut tikungan patah kekiri dan kanan, cukup bagus buat olahraga mesin dan jantung  Dengan cepat suhu udara sekitar berubah menjadi semakin sejuk, pepohonan dan tumbuh-tumbuhan yang berjejer di pinggir jalan juga perlahan berganti dengan pepohonan khas dataran tinggi. Udara semakin dingin. Kurang dari lima menit sampai di kawasan Kamojang. Pipa-pipa seukuran tiang lampu stadion memanjang rapih di pinggir jalan. Ngga mampir ke kawah Kamojang karena udah pernah, dan tanpa berhenti terus menuju ke arah Samarang.

lepas dari kawasan PLTP Kamojang

turunan dan turunan

istirahat dulu

Pohon-pohon besar

lanjut dari sini belok kanan di Samarang menuju Bayongbong. Ga lama sampe di pertigaan Bayongbong, ambil jalan ke arah Cikajang. Di persimpangan cikajang, kanan ke Bungbulang, kiri ke pameungpeuk, ambil kiri terus lewatin pasar dan melalui jalan berkelok naik turun.Mampir dulu ke minimarket beli minuman+jajanan  . Akhirnya sampe di kawasan kebon teh.

kebon teh,aspalnya bagus…
asik yah…
kabutnya makin parahh..

Jalur pulang lewat jalan yang sama. Menjelang maghrib sampe di Samarang, setelah sholat maghrib lanjut ke kamojang gelap-gelapan. Ga ada kendaraan lain yang searah sama gw ke atas,kebanyakan cuma ketemu kendaraan yang turun dari Kamojang. Sampe kamojang disambut udara dingin kembali

lepas dari kamojang meluncur turun ke Ibun. Sepanjang jalan ga nemu penerangan jalan kecuali di kamojang.

sempetin berhenti dulu.. di tengah hutan nan gelap..

turunan curam di depan

setelah melewati turunan-turunan curam dengan belokan yang patah-patah,berhenti lagi,masih di daerah Ibun. Dari sini Kabupaten Bandung keliatan nun jauh disana

Ini foto terakhir yang diambil, lanjut pulang dan sampe ke rumah sekitar sejam kemudian..

Rute : Bandung(A)-Cileunyi (B)-Majalaya (C) -Ibun(D) -Kamojang(E)-Samarang (F)-Bayongbong(G)-Cikajang (H) – Kebon teh Cikajang (I)