[ Morning Ride ] Menyusuri pinggiran Bandung Utara – Subang – Sumedang

Hari minggu pagi, jalanan Bandung masih terlalu sepi, gw dan ade gw berangkat sekitar jam 6 pagi dari kawasan Dago menyusuri wilayah utara Bandung. Setelah melewati terminal dago, di sebuah persimpangan jalan yang berbentuk huruf Y dimana kalo ambil arah kanan bisa menuju Dago Pakar, Cigadung, dsk. Kali ini gw ambil jalur kiri/ke bawah menuju arah Lembang, dan lalu berbelok ke arah desa Pagerwangi. Tanjakannya panjang dan terjal euy.

Speedometer mati pula 😮

Akhirnya setelah sukses melibas tanjakan panjang dan berliku, sampai juga di desa pagerwangi yang ternyata udah masuk kawasan Lembang 😀 view dari google maps di gambar dibawah ini

Sebagai perbandingan, Jalanan yang berwarna kuning adalah jalan raya Lembang, dan desa Pagerwangi ini nampak sejajar dengan kawasan Setiabudi 😀

Gunung Manglayang di timur terlihat jelas

View ke selatan, Kota Bandung di pagi hari 😀

Tanjakan sedikit lagi 🙂

Ada sebuah rumah yang cukup unik, mirip istana di negeri dongeng :mrgreen:

Ini dia kantor Desa Pagerwangi

Bandung View

Mejeng :mrgreen:

Gw ikut mejeng :mrgreen:

Nice view

Setelah itu lanjut perjalanan ke arah lembang untuk nyari sarapan. Kali ini ketemu tempat sarapan yang pas di pertigaan jalan tangkuban parahu 😀 Gw sarapan nasi kuning dan ade gw bubur ayam. Nasi kuningnya pas banget, rekomen buat yang nyari sarapan murmer di kawasan lembang :mrgreen:

Pertigaan jalan, lurus ke arah bandung, kiri maribaya,kanan dari arah lembang (satu arah)

Sarapan dulu 😀

Setelah sarapan, lanjut perjalanan ke utara, melewati kawasan Gunung Tangkuban Parahu, menuruni kawasan kebun teh subang, melewati ciater, dan akhirnya sampe di jalancagak, gw ambil arah kanan dan lurus teruss menuju Sumedang (Subang ke arah kiri). Di perjalanan liat petunjuk daerah wisata sebuah curug, akhirnya kami masuk tapi ga ketemu curugnya :mrgreen: nyasar nih ceritanya :mrgreen: lanjut aja terussss :mrgreen:

Di sebuah tempat yang ga diketahui namanya :mrgreen:

Seger :mrgreen:

Ternyata jalanan ini kembali lagi ke jalan utama tadi 😀

Jalur Sumedang- jalancagak (Subang)

Bentar, foto2 dulu :mrgreen:

Dari sini ikutin jalan terus, menuju arah rancakalong.

Dan kemudian di tengah perjalanan nemuin petunjuk arah ke sebuah tempat wisata lagi, akhirnya kami coba lagi, berbelok ke kanan, menyusuri jalanan kecil dengan aspal seadanya. Ternyata ini tempatnya 😀

Panenjoan, atau artinya tempat melihat, gardu pandang mungkin ya..

Ternyata ini tempat “panenjoan” nya 😀

Gunung Ciremai di kejauhan 😀

Kiri : Gunung Tampomas, Kanan : Gunung Ciremai

Ternyata ini view yang didapat dari kawasan panenjoan ini, lumayan juga 😀

Setelah ini kemudian kami mengarah pulang, sambil nanya-nanya jalur yang bisa dilewatin akhirnya memilih untuk ga lewat jalan utama, tapi lewat jalan bukit yang tembus di kawasan Tanjungsari, Sumedang 😀

Menuju tanjungsari

Kawasan perkebunan

Quick break 😀

Dari sini akhirnya ketemu jalan raya Bandung-Sumedang sekitar 20 menit kemudian, dan perjalanan dilanjut, tiba ke Bandung sekitar menjelang Dzuhur 😀

2 thoughts on “[ Morning Ride ] Menyusuri pinggiran Bandung Utara – Subang – Sumedang