Just another one day trip, Rancabuaya…

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2160.jpg?w=1174

Nggak semua perjalanan yang seru dan menarik harus di rencanakan dengan matang sebelumnya. Banyak perjalanan yang dilakukan secara mendadak tapi justru lebih berkesan :mrgreen: Hal ini berlaku buat gw pada perjalanan kali ini 😀 so let’s the story begin 😎

Hal pertama yang gw pastiin sewaktu tiba-tiba kepengen berangkat adalah motor masih dalam kondisi Ok, dan gw serta dompet nya juga sehat :mrgreen: , setelah melakukan pre-check singkat pada motor, dan udah ready buat berangkat, maka segeralah gw meluncur menuju Bandung selatan melintasi Dayeuh Kolot – Banjaran dan mengambil arah kiri menuju Pangalengan 😉 rasanya gw udah cukup lama ga melalui jalan menuju pangalengan ini, karena seinget gw terakhir melintasi jalur ini sekitar setahun yang lalu. Kondisi jalanan belum banyak berubah selain ada sedikit peningkatan kualitas aspal dibanding setahun yang lalu 🙄

Setelah sekitar satu jam perjalanan, sampailah gw di Pangalengan, di sebuah pertigaan utama ini gw berhenti 🙄

Dari sini belok kanan menuju Situ Cileunca, kalo belok kiri ke malabar

Nah, dari pertigaan ini gw ngambil arah ke kanan, menuju Situ Cileunca, jalanan ngga lagi selebar sebelumnya, tapi kondisinya cukup bagus, dan lagi sedang dilakukan perbaikan di beberapa bagian 😀

https://i2.wp.com/farm4.static.flickr.com/3360/5849037009_33353451c7_b.jpg

Salah satu sudut Situ Cileunca

Nice View  😀

Perkebunan teh dan  perkampungan penduduk 🙄

Sampai di kawasan perkebunan teh Cukul ternyata lagi ada proyek pelebaran jalan, sayangnya harus menggerus sebagian kawasan bukit-bukit nan hijau di sekitar jalanan. Perbandingan view saat ini dan tahun lalu, di tempat yang exactly the same :mrgreen:

2012

https://i2.wp.com/farm3.static.flickr.com/2723/5849693312_b238afeb39_b.jpg

Foto 2011

Setelah melewati kawasan perkebunan Cukul, gw pun meneruskan perjalanan dengan mengikuti jalur utama, dan gak lama kemudian jalanan yang lebar berganti dengan jalan lama yang lebih kecil, yang nampaknya sudah memasuki perbatasan Kabupaten Garut, karena ga ada petunjuk/gapura perbatasan.

Cisewu 27 Km

Rancabuaya tinggal 54 Km lagi

Ternyata jarak menuju Rancabuaya tinggal 54 Km lagi, tapi dengan kondisi jalanan yang agak rusak sepertinya bakal jadi perjalanan yang terasa jauh nih :mrgreen:

Jalan menuju Cisewu

Sepi 🙂

Sepotong view di pinggir jalan

Jalur Pangalengan – Cisewu ini sangat rawan longsor, karena banyak terdapat tebing-tebing dan bahkan sisa reruntuhan longsoran masih sesekali terlihat, jadi kalo lewat jalur ini harus ekstra waspada, meski bukan di musim hujan tapi longsor bisa saja terjadi 🙄 Dan ternyata bener aja, di jalan sekitar Talegong ada beberapa titik longsor yang sedang dalam proses pembersihan dari badan jalan yang dilakukan oleh beberapa petugas serta menggunakan alat berat.

Jalanan sedikit berlumpur, had some fun here :mrgreen:

Longsor, kendaraan yang mau melintas harus antri & ekstra hati-hati

Nampak seperti di daerah pertambangan :mrgreen:

Pemandangan seger :mrgreen:

Pemandangan sawah menjelang Cisewu

Akhirnya sampe di Cisewu, kabupaten Garut

Proses perbaikan jalan

Jembatan lama di kanan dan jembatan baru yang sedang dalam proses pembangunan 🙄

Di sebuah pertigaan, Rancabuaya belok kanan :mrgreen: dari sini masih sekitar 20-25 Km lagi 🙄

Okay so the sea much closer now :mrgreen: biasanya disini banyak yang berhenti untuk foto-foto

View ke barat, laut di kejauhan

Such a wonderful scenery 😀

Enjoy :mrgreen:

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2153.jpg?w=1200

Menuju Rancabuaya

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2160.jpg?w=1174

Berkali-kali berhenti nikmatin pemandangannya :mrgreen:

Okay now so far udah 5 jam 30 menit total perjalanan gw dari Bandung. Lamanya perjalanan bener-bener karena rute Pangalengan-Cisewu-Rancabuaya ini termasuk medan berat euy :mrgreen: 54 Km ditempuh dalam 4 jam.. 😆

Damn..

Ternyata panjang juga postingannya ya :mrgreen: berhubung masih ada foto yang akan gw masukin, terpaksa postingan kali ini dibagi 2, see you on the next post :mrgreen:

-to be continued 😎

15 thoughts on “Just another one day trip, Rancabuaya…

  1. Keren mas bro, salut! saya biasa ambil jalur normal lewat pameungpeuk ke pantai santolo. sepertinya saya akan coba lewat pangalengan. (lembur saya cisompet kp. joho)

  2. mantap sekali gan…
    plat B ente di daerah mana gan…
    saya pengen cari pantai yang seger nih kaya foto2 diatas..
    tp posisi saya di bekasi..
    punya saran ?
    yg dekat2 saja…

Leave a Reply

