Just another one day trip, Rancabuaya (Part.2)

Rancabuaya adalah nama sebuah pantai wisata yang terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Lokasinya berada di pesisir selatan Garut, terletak di antara Cidaun dan Pantai Santolo di Pameungpeuk.

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2164.jpg?w=1200

Untuk menuju kesini aksesnya bisa ditempuh melalui Bandung maupun Garut, tapi kalo berharap dapet kondisi jalan yang lebih bagus gw sarankan untuk lewat Garut-Cikajang-Pameungpeuk. Jika menggunakan kendaraan umum alat tranportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke pantai ini adalah 3 buah minibus (bus 3/4) trayek Rancabuaya-Garut yang frekuensinya terjadwal dan beroperasi antara pukul 04.30-08.00. Untuk transportasi ke kawasan, dapat juga mempergunakan angkot yang tidak terjadwal atau mempergunakan kendaraan angkutan desa yang disebut “paranggong” berupa mobil bak terbuka.
Jarak kawasan Rancabuaya dari Ibu kota Provinsi Jawa Barat 167 km, dan jarak dari Ibu kota Kabupaten 105 km, dan jarak dari pusat pembantu Kecamatan (Caringin) 30 km.  Sumber : Website Kabupaten Garut

Tiket masuk menuju kawasan pantai Rancabuaya cukup murah, 3000 Rupiah/orang dan 1000 Rupiah/motor. Begitu masuk kawasan pantai ini kesan yang gw dapet adalah kawasan ini cukup bersih dan tertata. Hampir ga terlihat sampah-sampah berserakan. Penginapan di kawasan pantai ini termasuk cukup banyak dan memadai, ditambah dengan banyaknya fasilitas “saung” atau Gazebo yang terletak di tepi pantai, cocok buat tempat menyantap ikan bakar & santapan laut lainnya yang juga banyak dijual disini.

Pantai ini memiliki pasir putih dan jejeran batu karang yang berbaris di sepanjang bibir pantai. Dan gw pun menelusuri jalan di kawasan pantai ini, mencoba mencari tau dimana ujungnya :mrgreen:

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2170.jpg?w=936

Di pantainya 🙄

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2164.jpg?w=1200

Pasir putih & batu karang 🙄

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2205.jpg?w=1024

Jalanan khas pantai

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2171.jpg?w=1024

Di ujung jalan, ada bukit menjulang & warung jajanan 🙄

https://i0.wp.com/i796.photobucket.com/albums/yy244/nunoopratama/Bandung%20Rancabuaya%20Pameungpeuk/SANY2172.jpg

Nyaman 🙄

https://i2.wp.com/i796.photobucket.com/albums/yy244/nunoopratama/Bandung%20Rancabuaya%20Pameungpeuk/SANY2191.jpg

🙄

https://i2.wp.com/i796.photobucket.com/albums/yy244/nunoopratama/Bandung%20Rancabuaya%20Pameungpeuk/SANY2194.jpg

Nice view 🙄

https://i0.wp.com/i796.photobucket.com/albums/yy244/nunoopratama/Bandung%20Rancabuaya%20Pameungpeuk/SANY2195.jpg

🙄

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2206.jpg?w=1024

View ke Barat 🙄

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2216.jpg?w=952

Salah satu diantara banyak fasilitas penginapan yang tersedia, ga perlu bingung mau nginep dimana 🙄

di kawasan pantai Rancabuaya ini terdapat banyak fasilitas penginapan, dari yang sederhana sampai bangunan baru yang kualitas lebih baik. Banyak tersedia juga tempat duduk santai & gazebo untuk menikmati kawasan pantai yang indah dan terawat ini.

Setelah puas disini gw pun keluar dari kawasan pantai ini, dan mencoba mencari spot-spot menarik lainnya.

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2221.jpg?w=663

Belok kanan deh disini :mrgreen:

Berhubung tadi kondisi jalan yang gw tempuh via Pangalengan-Cisewu yang hanya sekitar 100 Km tapi harus ditempuh dalam 5 – 6 jam yang cukup melelahkan, kali ini gw putuskan untuk pulang via Pameungpeuk dengan kondisi jalan yang lebih baik. Baru sekitar 4-5 Kilometer jalan menuju Pameungpeuk, gw belokkan motor ke sebuah jalan kecil tanpa petunjuk arah yang mengarah ke pantai, berharap dapet spot bagus lagi untuk foto-foto :mrgreen:

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2226.jpg?w=768Jalanan kecil ber aspal, ada sebuah pos yang tampakya udah ga dipake lagi 🙄

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2229.jpg?w=768

Ternyata viewnya manstab 😯 :mrgreen:

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2232.jpg?w=1200

Padang rumput, pohon kelapa, kawasan berbukit, pantai di kejauhan..

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2234.jpg?w=1024

Terasa ga anginnya? :mrgreen:

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2236.jpg?w=1200

Disini banyak sapi & kerbau yang sedang mencari makan, tapi ga terlihat penggembala/pemiliknya.

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2237.jpg?w=1024

View ke timur, betah nih lama-lama disini :mrgreen:

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2242.jpg?w=1200

🙄

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2250.jpg?w=768

Di ujung bukit, pemandangan laut yang indah dibawah 🙂

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2253.jpg?w=1024

Jalan setapak di puncak bukit 🙄

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2260.jpg?w=768

Ternyata jalan aspal tadi berujung di pantai Rancabuaya lagi.. ini bukit di ujung jalan yang tadi fotonya diatas

Okay, karena hari semakin sore dan gw ga berencana untuk menginap disini gw pun melanjutkan perjalanan pulang menuju Bandung melalui Garut.

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2264.jpg?w=1024

Salah satu sungai yang bermuara ke laut yang gw abadikan sewaktu istirahat di perjalanan menuju Pameungpeuk

Jalan di pesisir selatan Jawa Barat ini memiliki spot pemandangan pantai yang melimpah, karena lokasi jalan yang memang bersebelahan dengan garis pantai, yang membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan karena suguhan pemandangan dan udara segar yang masih asri nan alami :mrgreen: Kondisi jalan di antara Rancabuaya-Pameungpeuk sendiri cukup bagus, gw bisa memacu motor dengan kecepatan sampai 80 Km/jam, sesuatu yang ga mungkin dilakukan tadi sewaktu melewati rute Pangalengan – Cisewu – Rancabuaya (lihat post ini : Klik). Sebagian ruas jalan sedang dalam perbaikan, dan beberapa ruas jalan bergelombang, tapi ada juga ruas jalan sepanjang kira-kira 5 Km di daerah menjelang Pameungpeuk dengan aspal yang masih sangat mulus dan baru. Jalur Rancabuaya-Pameungpeuk ini sendiri jaraknya sekitar 33 Km, dan ternyata bisa  ditempuh dalam sekitar 20 menit aja 🙂

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2265.jpg?w=1024

Kondisi jalanan, topografi berbukit, jalan sepi dan banyak terdapat jembatan penghubung jalan

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2266.jpg?w=768

Dan ini ruas jalan yang paling super 😀 sebelah kanan pantai lho :mrgreen:

Tanpa terasa udah sampe Pameungpeuk lagi. Pas waktu maghrib dan bensin juga udah harus di isi, istirahat sejenak di SPBU Pameungpeuk.

https://nunoo.files.wordpress.com/2012/06/sany2267.jpg?w=1024

Sewaktu mengisi bensin di SPBU Pameungpeuk

Setelah mengisi bensin + ngisi perut di rumah makan di sekitar Pameungpeuk, gw pun melanjutkan perjalanan menuju Bandung melalui Garut. Ternyata aspal di jalan akses Garut – Pameungpeuk yang dulu berlubang dan bergelombang, saat ini udah mulus dan bagus, jadi gw bisa memacu motor dengan lebih cepat, melintasi kawasan hutan yang cukup sepi dan agak bikin ngeri buat yang baru pertama kali lewat sini, siang hari aja sepi apalagi malem-malem begini :mrgreen: akhirnya gw sampe di daerah Cikajang sekitar 1,5 jam kemudian, dan ini adalah rekor baru karena biasanya Cikajang – Pameungpeuk gw tempuh dalam 2 jam, entah karena jalanannya bagus atau karena ngeri makanya cepet-cepet :mrgreen:

Cikajang ini termasuk daerah dataran tinggi, ketinggiannya sekitar 1100-1500 Mdpl yang artinya daerah ini cukup dingin dan rawan kabut, dan bener aja memang kabut lagi “asik-asiknya main” di kawasan ini. Setelah cukup beristirahat, gw pun kembali memacu motor menuju Garut, tanpa berhenti gw melewati Garut-Nagreg-Rancaekek dan akhirnya tiba di Bandung 2 jam kemudian.

Rute perjalanan :

Berangkat : Bandung – Pangalengan – Cisewu – Rancabuaya (+- 120 Km) ditempuh dalam 6 Jam karena kondisi jalan rusak.

https://i2.wp.com/i796.photobucket.com/albums/yy244/nunoopratama/Bandung%20Rancabuaya%20Pameungpeuk/Untitled1.jpg

Pulang : Rancabuaya – Cijayana – Pameungpeuk – Cikajang – Garut – Bandung ( +- 160 Km) ditempuh dalam 4 jam dengan kondisi jalan yang lebih ramah buat pinggang :mrgreen:

https://i1.wp.com/i796.photobucket.com/albums/yy244/nunoopratama/Bandung%20Rancabuaya%20Pameungpeuk/Untitledw2.png

Rute pulang

Advertisements

25 thoughts on “Just another one day trip, Rancabuaya (Part.2)

  1. Picny keren2..kbetulan ƍώ pgn bgt ksn..klo naek bis ato elf mkn wkt brp jam y??trs py cp pnginepan d rb g? º°˚˚°º♏:)ª:)K:)ª:)§:)Ǐ:)♓º°˚˚° º.

  2. saya berencana ke rancabuaya dari bekasi pakai transport bis umum. dari bekasi saya ke garut baru dari sana lanjut minibus ke rancabuaya. bisa minta saran kira2 saya harus start dari bekasi jambrapa supaya saya bisa sampai rancabuaya di hari itu juga? terima kasih.

    1. Bekasi-garut kira2 3,5-4 jam.. Dari garut ke rancabuaya kira2 4-5 jam.. Jd total mungkin 8-9 jam.. Paling enak sih menurut saya berangkatnya selepas subuh,jadi kira2 jam 2 atau jam 3 udah sampe di lokasi. Semoga membantu

  3. hebaat kang…..

    sy sering jg menyusuri selatan2… foto fotonya kenal semua…..saking seringnya…xixixi

    itu jalan yg pinggir gunung blkng warung2 sy pernah lalui dua kali nanjak…tembus ke foto2 berikutnya..dataran yg kering..jln setapak

  4. wah keren banget kang, kira – kira jalannya nyambung sampe santolo sama pangandaran ga tuh? rencananya pengen ke pangandaran lanjut ke santolo sama rancabuaya hehe

    1. jalannya masih nyambung dengan santolo/pemungpeuk dan juga pangandaran. kalo masbro telusuri terus ke timur nanti berujung di pangandaran melalui pesisir pantai. wajib dicoba! 😀

      1. Kalo dr bandung pk mobil pribadi lewat pangalengan cisewu kira2 makan waktu brp jam ya.. mohon infonya

      2. Sorry baru reply 😅 kurang lebih sama dengan pake motor kang. Karena kondisi jalannya yg masih seadanya

  5. tahun 2013 saya sekeluarga main ke rancabuaya ..pantainya memang indah
    sayangnya beberapa ruas jalan dari arah Sajang Heulang ke Rancabuaya ada yang hancur lumayan parah .. mobil sampai mentok2 …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s