Udara Segar Pangalengan

Pangalengan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Cibolang di tahun 1927

Pangalengan terletak di sebelah selatan Kota Bandung, dan terkenal akan beberapa objek wisata, seperti Situ Cileunca, perkebunan teh dan Kolam pemandian air panas Cibolang.

Pangalengan juga dikenal sebagai daerah pertanian, peternakan dan perkebunan. Terdapat beberapa perkebunan teh dan kina yang dikelola oleh PTPN. Pangalengan juga merupakan daerah penghasil susu sapi. Pengolahan susu di daerah Pangalengan dan daerah Bandung Selatan lainnya dikelola oleh KPBS (Koperasi Peternak Bandung Selatan).

sumber : Wikipedia

Bagi sebagian orang mungkin Pangalengan bukan menjadi tujuan wisata utama saat mengunjungi Bandung.

Pangalengan yang tidak sepopuler tetangganya Ciwidey, maupun Lembang ternyata memiliki potensi wisata yang tak kalah menariknya. Kali ini gw mencoba menjelajahi sebagian kecil dari daerah penghasil susu sapi yang terkenal ini :mrgreen:

Dari Bandung kita bisa melalui jalur Soreang-Banjaran, maupun melalui terusan Buah Batu-Banjaran. Penunjuk arah menuju pangalengan bisa dibilang cukup memadai. Dari Bandung tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Banjaran,setelah itu di Banjaran kita menuju pangalengan di selatan dengan mengikuti petunjuk arah yang tersedia.

Begitu memasuki wilayah pangalengan, kita disuguhi pemandangan perkebunan dengan kontur berbukit-bukit yang indah. Beberapa menit kemudian sampe di kawasan yang cukup ramai, berjejer toko-toko yang menyediakan oleh-oleh khas pangalengan, seperti dodol susu, permen susu, susu murni de el el :mrgreen:

Lalu sampe di pertigaan utama di pangalengan, kalo ke kiri bisa ke air panas cibolang, makam mbah bosscha, ada juga jalan tembus ke Garut selatan πŸ˜€

Tapi kali ini gw ambil arah kanan, ngikutin petunjuk arah menuju situ Cileunca

Situ Cileunca dari pinggir jalan utama

Gw ga masuk situ Cileunca nya πŸ˜€ masih lanjut perjalanan ke selatan. Kontur jalan asik, naik turun, banyak tikungan, dan aspal lumayan bagus πŸ˜€

Parkir sebentar, jalanannya asik, view mantab :mrgreen:

Ga lama kemudian sampe di perkebunan teh
Cukul Estate :mrgreen:

Parkir lagi, di Cukul Estate, sepii πŸ™„

no one πŸ™„

Hijau & Seger :mrgreen:

Cockpit view :mrgreen:

Aspal baru πŸ˜€

View lebih lebarnya :mrgreen:

nyobain aspal baru aah :mrgreen:

πŸ˜€

tikungan di depan menanti 😎

Tinggi jg tempat ini πŸ™„

Sayangnya ini udah mendekati ujung jalan, setelah ini jalan menuju selatan ke Rancabuaya masih jelek, bisa dibayangkan betapa asiknya kalo sampe pantai yang masih sekitar 100 Km lagi jalanannya begini semua πŸ˜†

Gw coba terus nelusurin jalan ke selatan, melalui jalan aspal yang lama ga diperbaiki. Penasaran pengen coba sampe pantainya, sayangnya kondisi jalan yang bisa dibilang rusak parah bikin rada males dan akhirnya puter balik ke arah Bandung lagi πŸ˜† kapan-kapan deh nyobain kesana lagi.

Baliknya kabut mulai turun πŸ™„

Seger ya.. pengen nyebur rasanya πŸ˜›

Another view 😎

Setelah puas foto-foto, gw pun pulang.

Buat yang punya rencana liburan ke Bandung, Pangalengan bisa jadi alternatif yang menarik πŸ˜€

9 thoughts on “Udara Segar Pangalengan

    1. alhamdulillah kalo tulisan ane bermanfaat πŸ˜€
      sama2 masbro :mrgreen:
      salam kenal juga, nubi nih di dunia blog :mrgreen:

    1. makasih kk untuk pujian pertama dan kedua.. πŸ™‚
      yang ketiga kok kayak fitnah ya πŸ˜† ahahaha

      :mrgreen:

Leave a comment